Minggu, 08 April 2012

Can I Say Magazine and Me

HELLO!!
Sudah lama sekali blog pribadi ini nggak kesentuh. Kesibukan yang tak terduga dan pekerjaan yang datang pergi nggak menentu sepertinya benar-benar menjauhkan gua dari blog ini. Hhhh..
But.. Gua banyak nulis di Can I Say Magazine!! Yap, Mulai dari Can I Say 7th Edition gua joint di Can I Say, sebuah majalah indie digital dan blogzine kepunyaan seorang sahabat, Rheza Ardiansyah. Bersama kawan-kawan yang lainnya Windi, Suci, dan Amin, kita ngegerakin Can I Say Magazine ini.


CAN I SAY MAGAZINE
Saat ini Can I Say sudah terbit sebanyak 7 edisi. Dari edisi ke-6 menuju edisi ke-7, banyak banget perubahan. Liputan, penulisan, layout, format majalah, beserta kontributor di dalamnya yang bikin ini jadi beda. Kami semua pecinta dunia seni. Menurut gua selain fotografi, musik, desain, puisi, film, tari, jurnalistik juga bagian dari seni. Kerja di jurnalistik nggak gampang. Gua mesti cantik banget bikin rangkaian kata dan mesti punya cerita di setiap pengambilan gambar suatu objek. Yah, emang masih banyak kekurangan dari kami, tapi yang paling mahal dan berharga yang bisa kamu dapet dari Can I Say adalah sebuah ilmu. Ilmu jurnalistik pastinya. Tapi ada banyak ilmu lain yang gua dapet disini.


Pertama adalah, ilmu berkomunikasi, baik antar sesama kontributor atau pun dengan objek liputan gua. Gua dan Rheza berteman sejak 3 tahun lalu, tapi baru kali ini kita punya project bersama, baru kali ini juga terjadi komunikasi berlebih dan intens. Twitter dan BBM setiap hari, ketemu minimal 1 minggu sekali. Kebanyakan emang soal Can I Say. Tapi karena habit baru itu, gua dan Rheza lebih bisa "nyambung" ketimbang dulu yang cm sekedar kenal dan cerita-cerita sekedarnya. Dari 100% kita berkomunikasi lewat apa pun dan tentang apapun, 20%nya gua pernah cekcok pembicaraan juga sama dia. Sama-sama nggak enakan, sama-sama khilaf, sama-sama kesel, yah cekcok sehari-hari lah. Tapi gua inget dan sempet terharu sama kata-kata Rheza ketika kita baru aja maaf-maafan karena suatu hal, "Dhee, kita berteman udah 3 tahun. Kira baru bisa bersahabat kalo kita pernah bertengkar dan berteman kembali. Sekarang setelah kita bertengkar, kita berteman lagi kan. Kita sahabat :)". That's Rheza Ardiansyah, Best Friend, Partner in Works, also My-Whole-Life-Mate <3


Kedua adalah, gua belajar memanfaatkan dan mencari peluang. Awalnya gua di Can I Say hanya sekedar jurnalis biasa. Tapi sekarang gua ikutan wara-wiri di berbagai event untuk mencari bahan tulisan dan liputan untuk dimuat di blogzine dan magazine. Gua juga menggeluti lebih dunia fotografi dan videorafi berkat wara-wiri itu. Selain gua emang senang nangkring di event, konser, atau gigs (musik terutama), gua bisa sekaligus berkenalan dengan banyak media, artist, dan teman-teman baru di lapangan. Kenalan baru bisa nambah peluang juga untuk gerak-gerik peliputan yang lainnya. Plus plus banget dengan adanya peluang itu.


Ketiga adalah, gua belajar ikhlas, tekun, sabar, dan lebih mengerti orang yang udah dikenal maupun belum dikenal. Can I Say sifatnya sukarela, tapi masing-masing dari kami punya kesadaran tersendiri akan tugasnya. Saat ini Can I Say berusaha untuk terbit 1 bulan sekali. Dan hal ini nggak gampang karena semuanya masih kuliah kecuali Rheza (Yah gua diitung kuliah apa nggak terserah lah ya hehe). Anak kampus jelas tugasnya lebih banyak. Dalam ngerjain report hasil tulisan juga gua mesti bener-bener tekun. Ga bisa asal ngomong dan mesti banyak browsing buat tau lebih dalam soal materi yang bakal ditulis. Kesibukan gua sebenernya bukan cuma Can I Say, karena itu gua suka rada kelimpungan yang mana yang harus jadi prioritas. Kenapa gua asik sama Can I Say? Karena jurnalistik, fotografi, dan ketemu banyak orang adalah passion gua saat ini :)


ARTWORK
Indonesia Fashion Week 2012 itu liputan event pertama gua. Sebenernya itu cuma iseng-iseng gua dan Suci, beserta Icha, buat dateng ke event itu. Tapi yah sekalian aja kita foto-foto dan sedikit mencatat ada apa disitu. Sempet kebingungan juga apa yang mau kita cari buat jadi bahan liputan. Alhasil gua motret-motret beberapa merk fashion dan model, Suci bagian nyatet deh jagonya. Trus kalo inget majalah-majalah fashion biasanya pasti ada street photos dari pengunjung yang fashionable banget (namanya juga fashion fair), Suci bagian pendekatan ke yang mau gua jadiin objek, eh model deng :p Icha pun nggak luput gua jadiin model juga. Yahh, doi emang model sih.
Meringkas liputannya pun masih kaku dan ribet. Gua harus gabungin hasil foto sama tulisan yang Suci buat. Gua pun harus nunggu Suci yang sibuk berat sama kegiatannya.

Well, hasil liputannya bisa dilihat dengan klik gambar di samping. Liputannya juga di muat di Can I Say 7th Edition loh \m/
Fossil Carnival yang diadakan dalam rangka Ulang Tahun SMA 47 jakarta yang ke-30 merupakan sasaran liputan gua selanjutnya. Kebetulan sekolah itu juga almamater SMA tercinta gua, jadi yah sekalian berkunjung sebagai alumni, sekalian bertugas di Can I Say, hehe. Timbullah ide untuk meminta izin ke pihak panitia, which is ade-ade kelas gua, untuk bisa mendapatkan ID all access untuk ngeliput rangkaian acara sepenuhnya. Gua juga minta kesempatan untuk bisa wawancara 2 guest star mereka di acara itu, yaitu Souljah dan Naif. Hem, nggak kepikiran ternyata permintaan gua itu bisa dipenuhi.
On the day, lagi-lagi gua bawa Suci untuk ngebantu gua ngeliput acara, juga untuk wawancara Souljah dan Naif. Sempet ribet nggak tau mau nanya apa, kebetulan ini kali pertamanya gua sendiri yang harus bertatap muka untuk ngewawancara mereka, yah meskipun Suci lah yang ngobrol dengan mereka dan gua yang bagian motret (seperti biasa). Itu experience terhebat deh kalo inget gimana gemeter, deg-degan, dan ngblanknya mau ketemu si artist. Gua pun bebas bekeliaran kawasan secure acara, karena ya gua pake ID pers :)
That day was a great day for me and Suci!

Hasilnya:


Pertama kalinya ngasih review film. Safe House yang hari itu abis gua tonton, malemnya langsung bikin review. Ternyata nggak segampang yang gua kira. Gua mengidap sesuatu yang menurut gua aneh. Setiap abis nonton film apapun genrenya, gua pasti langsung lupa jalan ceritanya, kalo sepotong-sepotong mungkin masih inget, gua juga nggak pernah inget atau tau siapa pemeran di film iu dan sebagai apa dia di situ. Gua menamakan keanehan ini dengan 'Filmonesia' :p Gua terpaksa harus browsing lagi untuk bisa inget jalan ceritanya, sambil tanya ke yang udah nonton, dan liat trailernya biar memacu ingatan. Padahal gua suka banget jalan cerita film ini, tapi tetep aja nggak ada yang nyangkut di kepala (sekarang pun nggak inget apa-apa tentang film itu hehe).

Click gambar di samping untuk baca hasil review gua. Boleh dikoreksi kalo ada kesalahan, maklum 'Filmonesia' :p


Pure Saturday malam itu adalah band yang gua satronin performancenya di Summarecon Mall Serpong dalam acara Musical March. Gua ajaklah si Fan. Bogor-Serpong-Bogor naik motor merupakan pilihan satu-satunya buat gua bisa kesana sama Fan. Gua lebih suka nonton band yang manggung di acara yang lebih dikit penontonnya. Gua bisa ngedeketin panggung beserta backstage seleganya. Nggak perlu berdesak-desakan apa lagi kalo ada fans yang fanatik belebihan. Berempat gua, Fan, Guruh, dan Marteen gegoyangan bersama nonton Pure Saturday di Saturday Night. Malam yang tepat dengan band yang tepat!
Beres mereka manggung, yep! Gua dan yang lainnya pun ke backstage buat nyamperin personil Pure Saturday. Hihihihi dapet deh foto sama mereka semua. What a 'Pure' Saturday :))

Kalo mau liat beberapa video yang berhasil gua rekam, klik aja gambar di samping.




Ladang Seni IPB adalah komunitas pecinta seni di IPB. Ini komunitas udah lama tapi baru bangkit lagi. Gua pun sempet beberapa kali hadir di salah satu acara mereka yaitu Panggung Mahasiswa yang diadain setiap Rabu jam 7 malem di Stevia. Ada Asphoria, Finding Nadia, Various Flames, Jelanguan, dan banyak lagi yang pernah tampil disitu. Mostly emang mahasiswa IPB. Karena acara ini emang untuk mempererat dan mengekspos bakat-bakat seni mahasiswa IPB. Day by day gua kesitu, muncullah ide untuk mengajukan partner antara Can I Say dengan Ladang Seni IPB ke Rheza. Doi setuju, pihak LSIPB pun setuju. Jadi sekarang tiap rabu gua harus attend ke Panggung Mahasiswa dan bikin liputannya setiap minggu. Hhhmm.. gua pribadi merasa ini opportunity yang bagus. Selama ini gua emang lebih banyak support mereka yang indie. Biar gua cuma mendengarkan karya mereka, tapi gua tau banget gimana kemelutnya ngerjain itu jadi sebuah karya. Di sini gua banyak ketemu temen-temen baru. Ada Ipunk, Zeta, Fajar, Mayang, Rizky, dan kawan-kawan LSIPB lainnya. That's the precious one :")

Sekarang mereka lagi fokus UTS. Tapi udah ada satu post yang gua bikin edisi 28 Maret 2012. Klik aja gambar di atas yah..


Ini salah satu karya fotografi gua yang dimuat di Can I Say 7th Edition. Judulnya 'Bogor Morning Crowd'. Ceritanya sih gua pengen menggambarkan keramaian Bogor di pagi hari di hari kerja. Di situ gua taro jam gua ambil foto itu dan dimana lokasinya. Sayangnya malam sebelum gua ambil foto-foto itu, Bogor hujan, jadinya paginya matahari telat keluar. Pagi itu gua dibantu Suci, doi kali ini bertugas nyupir motor dan mencatat segala hal yang diperlukan (lagi).
Mungkin masih banyak kekurangan dari foto-foto yang gua ambil, masih jauh dari judulnya dan masih kurang spesifik pencahayaannya. Gua emang kurang ahli kalo foto-foto panorama gini. Cuma gua penasaran banget gimana caranya gua bisa dapet foto yang seperti judul yang gua mau.

Hasilnya bisa langsung dilihat di Can I Say 7th Edition yah :)

Nah ini yang masih fresh. We Are The In Crowd live concert at Dago Tea House Bandung!!
hati itu gua berangkat ke Bandung bersama teman-teman baru, yaitu Danny dan Afdol dari Daily Concert, Eka, Aii, Via, dan Malvi. Sampe sana nambah lagi Chinta. Biar pun temen-temen baru, tapi mereka asik-asik semuanya (apa gua yang sok asik yah hehe). Perjalanan panjang hujan dan macet. Dimulai dengan nganter yang mau Meet and Greet di Nine Square, dilanjut ke venue buat nuker tiket, terus makan dulu. Sampelah kita ke konser We Are The In Crowd. Konser dibuka sama 3 band, yaitu Oh Chentaku, Too Weak To Dance feat Aska 'Rocket Rockers', dan Gecko. Paling seneng deh kalo band-band pembukanya ciamik gini. Gua emang baru banget denger WATIC, lagu-lagunya nggak hapal, dan personilnya gua cuma tau Jordan. Tapi WATIC ini bikin gua amaze pas gua liat video-video mereka. Yap, cuma karena penasaran gua pun beli tiketnya. Ternyata emang nggak mengecewakan. Semuanya mantep dan atraktif. Ramah banget sama crumbs (fans WATIC). Gua pun asik foto-foto mereka, karena beruntung sekali spot gua berdiri pas di depan panggung. Beres dari situ, sebelum mengakhiri pesta kita malam itu, gua dan temen-temen lainnya nge-McD dulu buat tuker-tuker foto-foto dan video. Nggak tau deh kapan bakal ketemu mereka lagi. I'm a friends engine!! LOL

Klik gambar di atas buat liat beberapa hasil foto dan liputan gua di WATIC live concert \m/




CAN I SAY 7TH EDITION
Inilah tempat gua pindah menulis dan berkarya. Lebih ekslusif dan berbarengan bersama karya kontributor Can I Say lainnya.


Support dan Respect karya kami yang indie dan sederhana ini.
Website and Blogzine : www.canisaymagz.blogspot.com
Fanpage Facebook : www.facebook.com/canisaymagz
Follow Twitter : @canisaymagz
E-mail : mailcanisay@rocketmail.com

People on this blog
Rheza - @rhezaardiansyah
Suci - @suciariyanti
Windi - @windiELF
Amin - @mimintod
Icha - @yustisiaannisa
Fan - @fanfandalism
Guruh - @guruhohe
Marteen - @marteenlu
Pure Saturday - @PureSaturdaBdg\
Ipunk - @_bahri
Zeta - @zetaaaf
Fajar - @fadipratama
Mayang - @sitimayangs
Rizky - @Rizky_alfian
Asphoria - @asphoria
Finding Nadia - @finding_nadia
Jelanguan - @Jelanguan
Danny - @danny_azis
Afdol - @xAFDOLx
Eka - @shawnaimaEKA
Aii - @aiihendiana
Via - @viakrstm
Malvi - @yeuash
Chinta - @Chintanaa
We Are The In Crowd - @WeAreTheInCrowd
Oh Chentaku - @xohchentakux
Too Weak To Dance - @tooweaktodance
Gecko - @GeckoBand

4 komentar:

  1. you have so many friends. you must be happy with your life :)

    BalasHapus
  2. aaahhh baru baca commentmu pak e :*
    Thank u thank u *beer toss*

    BalasHapus
  3. kerjaannya seru banget itu, gaul sana-sini dapet duit. :D

    ngeblog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus